Peristiwa - Daerah
Pawai Topi Hias di Bondowoso, Sambut HUT RI ke-73
10-08-2018 - 20:35 | Views: 1.61k
Para peserta pawai topi hias sambut HUT RI ke 73 saat melewati rute yang telah ditentukan oleh panitia (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Para peserta pawai topi hias sambut HUT RI ke 73 saat melewati rute yang telah ditentukan oleh panitia (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, BONDOWOSO – Dalam rangka menyambut HUT RI ke-73, Pemkab Bondowoso melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mengadakan pawai topi hias unik, Jumat (10/8/2018).

Pawai topi tersebut, diikuti oleh peserta didik usia dini, seperti KB (Kelompok Bermain)  dan TK (Taman Kanak-kanak), yang tersebar di 23 kecamatan, yang ada di kabupaten yang dikenal dengan Bondowoso Republik Kopi itu.

Para peserta, mulai dari anak didik dan wali murid, menggenakan topi tematik. Mulai tema hewan dan tumbuhan, seperti Merak, Kijang, bunga dan berbagai macam topi tematik lain.

Pawai-Budaya-Bondowoso-A.jpg

Ribuan peserta yang ikut, start dari depan pendapa, terus ke Jalan PB Sudirman, belok kanan ke Jalan Teuku Umar, dilanjutkan lagi jalan ke RE Martadinata, lurus ke Jalan Letnan Amir Kusman, dan finish di depan masjid Agung At-Taqwa.

Pantau TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), para peserta didik tampak senang dan bergembira, meski mereka harus berpanas-panasan dan menempuh rute yang cukup panjang. Mereka rela berjalan kaki, meski usianya masih sangat dini.

“Alhamdulilah, dalam kegiatan ini anak didik saya sangat senang meski harus berjalan dengan jarak yang cukup jauh. Dari sini, saya berharap generasi mulai dibentuk jiwa nasionalismenya,” kata Hotijah salah seorang guru KB Syubatul Hasan, Maesan Bondowoso.

Menurutnya, di pawai topi itu, mengajarkan anak agar bisa dekat dengan alam. Selain itu, kata dia, juga ada pendidikan olahraga, terhadap anak sejak dini.

Pihaknya juga berharap, kegiatan-kegiatan yang memberikan edukasi semacam ini, terus dilaksanakan, agar mentalitas dan karakter anak bisa terbentuk dengan sendirinya.

Acara pawai topi hias, dalam rangka menyambut HUT RI ke-73, yang diselenggarakan Disdikbud Pemkab Bondowoso itu, dimulai sekitar pukul 13:00 Wib, baru selesai menjelang maghrib.(*)

Pewarta
: Moh Bahri
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Sholihin Nur