Kuliner
Lezatnya Kuliner ‘Nasi Bakar Pesisir’ di Kabupaten Probolinggo
11-08-2018 - 11:58 | Views: 779
Rupa Nasi Bakar Pesisir, di Pantai Bahak, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Rupa Nasi Bakar Pesisir, di Pantai Bahak, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, PROBOLINGGO – Berkunjunglah di wilayah barat Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Anda bisa menikmati lezatnya kuliner yakni ‘Nasi Bakar Pesisir’. Kuliner ini berada di sebuah obyek wisata kecil di Kecamatan Tongas. Tepatnya di pesisir yang diberi nama Pantai Bahak.

Nasi Bakar Pesisir, ini memiliki aroma yang luar biasa menggoda yang membuat ngiler, karena aromanya yang harum dan natural. Aroma bakar nan lezat muncul dari bumbu dalam nasi yang terbungkus daun pisang.

Kuliner Nasi Bakar Pesisir ini, telah menjadi khas di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, yang tentunya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal yang berkunjung ke pantai Bahak.

Saat TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), bertandang ke sebuah warung kecil di sana, sempat bertanya tentang bahan-bahannya dan cara membuat Nasi Bakar Pesisir tersebut.

Nasi bakar ini tidak menggunakan nasi putih biasa, melainkan pakai nasi uduk. Maka dari itu, kalau anda ingin membuat nasi bakar sendiri, penggunaan nasi uduk tidak boleh tergantikan.

“Nasi uduk ini bisa buat sendiri. Tapi jika ingin lebih praktis, bisa membeli nasi uduk yang sudah jadi,” kata seorang perempuan yang menyebut dirinya Maimunah, di warung Nasi Bakar Pesisir itu, Sabtu (11/8/2018).

Kata dia, nasi bakar tidak lengkap rasanya kalau tidak ditambahkan isian berupa lauk. Jenis isian ini sangat beragam dan bisa anda pilih sesuai dengan selera serta keinginan. Beberapa isian yang cukup populer untuk nasi bakar dan bisa anda coba buat. Antara lain adalah tumis ayam pedas, tumis jamur, sambal teri, cabai hijau, dan cumi balado.

“Untuk membungkus nasi bakar, daun pisang adalah pilihan yang tepat. Daun pisang yang digunakan sebaiknya jenis daun pisang batu, karena teksturnya lembut dan wangi. Selain itu, daun pisang batu tidak mudah sobek ketika digunakan untuk membungkus. Namun sebelumnya daun itu harus dijemur,” urai Maimunah.

Tampak sejumlah pelanggan dan orang baru yang berkunjung ke Pantai Bahak sangat menikmati Nasi Bakar Pesisir. Mereka ada yang bersama keluarganya, ada yang sendiri, ada juga bersama teman komunitasnya.

“Sangat lezat sekali, aromanya yang bikin ngiler dan luar biasa. Baru kali ini saya mencicipi nasi bakar di pantai Probolinggo ini. Hebat dan luar biasa, sepertinya akan ketagihan,” ujar Lutfiah, seorang pengunjung.

Hampir setiap pengunjung tak luput membeli Nasi Bakar Pesisir ini. Karena mereka dibuat tertarik dari aroma yang natural. Setiap hari, banyak pengunjung yang duduk di warung Pantai Bahak Endless Kabupaten Probolinggo itu, apalagi di momen hari libur. (*)

Pewarta
: Dicko W
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rizal Dani