Peristiwa - Nasional
Gubernur Nurdin Basirun Ungkap Potensi Bahari Kepri, Tim Ekspedisi Gubenur Siap Membantu
14-09-2018 - 19:25 | Views: 971
Gubernur Kepri Nurdin Basirun memaparkan potensi bahari Kepri kepada Tim Ekspedisi Gubernur (FOTO: Rizki Dwi Putra)
Gubernur Kepri Nurdin Basirun memaparkan potensi bahari Kepri kepada Tim Ekspedisi Gubernur (FOTO: Rizki Dwi Putra)

TIMESJATIM, BATAM – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, kepada Tim Ekspedisi Gubernur dari APPSI (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia) mengungkapkan potensi bahari Kepulauan Riau. Khususnya yang mencakup aspek perdagangan, perikanan, dan pariwisata.

"Sebagai provinsi kepulauan, potensi utama kita ada di lautan. Baik di aspek ekonomi, perikanan, hingga pariwisata. Semua ditopang dari 96% wilayah lautan kita yang kaya," ungkap Nurdin di Graha Kepri pada Jumat (14/9/2018).

Menurut Nurdin, Posisi Kepulauan Riau yang strategis berada di jalur perdagangan dunia harus didukung dengan infrastruktur yang memadai sehingga setiap potensinya dapat dioptimalkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Saat ini Kepulauan Riau sedang mencanangkan Free Trade Zone untuk meningkatkan arus dagang dari dan keluar Kepulauan Riau.

Di antara komoditas utama Kepulauan Riau ialah dari aspek perikanan. Nurdin menyebut Kepulauan Riau juga sedang menggiatkan industri pengolahan ikan diantaranya yang berada di kabupaten Natuna, sehingga hasil tangkapan nelayan dapat diekspor ke luar negeri.

Selain itu, Nurdin menyebut potensi bahari yang menopang roda perekonomian Kepri adalah sektor pariwisata. Tak hanya Batam, destinasi utama di Kepri juga berada di Kabupaten Bintan, Pulau Anambas dan pulau-pulau indah lainnya.

"Kita punya banyak pulau yang begitu indah, kalau Malaysia saja bisa memoles kepulauan terluarnya yang berbatasan dengan Kepri, kita juga bisa membuat pulau-pulau itu menjadi destinasi wisata favorit asal didukung berbagai pihak," kata Nurdin Basirun kepada tim Ekspedisi Gubernur. (*)

Pewarta
: Ahmad Jilul Qf (DJ-201)
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani