TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Pipa PDAM Bocor, Ratusan Warga Perumahan City Side Krisis Air Bersih

14/01/2020 - 22:16 | Views: 2.64k
Salah satu warga Perumahan City Side yang mengangkut air bersih (FOTO: benayu/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, MALANG – Sekitar 350-an warga Perumahan City Side di Kota Malang, krisis air bersih sejak Kamis (09/01/2020) malam.

Akibatnya, mereka harus mengantre di lokasi yang lebih rendah di wilayahnya untuk mendapatkan air bersih.

Warga yang tidak kebagian air bersih, terpaksa harus meminta pada kerabatnya atau membeli air isi ulang agar dapat digunakan untuk memasak, mandi, mencuci, serta kebutuhan rumah tangga lainnya.

Krisis air bersih tersebut terjadi akibat pipa PDAM di Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Malang mengalami kebocoran.

Salah satu warga Perumahan City Side, Sri Rezeki mengaku kesal karena di wilayahnya sering mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

"Perumahan City Side ini sumber airnya memang dari PDAM kan, ini sering dan selama di sini berapa kali sudah airnya macet. Belum yang tahun kemarin, pernah juga seminggu, waktu sengketa PDAM kota dan PDAM kabupaten, sekarang ini katanya pipanya bocor," katanya, Selasa (14/1/2020).

Sebelumnya pada hari Sabtu (11/01/2020), warga Perumahan City Side sudah mendapatkan bantuan air bersih sebanyak empat tangki dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, namun karena stok air terbatas warga harus kembali mengantre.

Ketua RT 15, Perumahan City Side, Mustakim, mengatakan pemerintah tidak segera menyelesaikan persoalan warga yang kesulitan air bersih, maka warga akan meninggalkan PDAM Kota Malang ke PDAM Kabupaten Malang.

"Kalau di kota ini sudah nggak ngatasi, mau pindah kabupaten. Ini kan sudah ada jalur dari kabupaten, orang-orang sini mau minta pindah. Yang dari kabupaten itu nggak pernah mati mas," kata Mustakim.

Pada tahun 2012 lalu, warga Perumahan City Side pernah mencoba menggali sumur bor untuk mendapatkan air bersih. Namun hingga kedalaman 300 meter, yang keluar justru air yang tak layak konsumsi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Benaya Ryamizard Harobu (MG-228)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Copyright © 2020 TIMES Jatim
Top

search Search