TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Soal Perampingan Birokrasi, Menpan RB akan Kumpulkan Sesmen, Sekjen dan Sekda

14/01/2020 - 21:39 | Views: 44.50k
Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI) Tjahjo Kumolo (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, JAKARTAMenpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI) Tjahjo Kumolo bakal mengumpulkan seluruh sekretaris menteri dan daerah untuk membahas perampingan birokrasi pada 16 Januari nanti.

"Besok tanggal 16 (Januari) kami akan mengundang sekjen dan sesmen kementerian, mengundang sekda kabupaten dan kota, provinsi seluruh Indonesia, untuk menyampaikan konsepnya bahwa target kami tahun ini semua selesai," ujar Tjahjo di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Dalam pertemuan nanti, Menteri Tjahjo akan memaparkan konsep perampingan birokasi seusai arahan Presiden Jokowi. Perampingan birokrasi di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi internal masing-masing.

Meski demikian, Tjahjo menyebut, perampingan birokrasi dengan menghapus eselon 4 dan 3 tak akan memotong gaji dan tunjungan.

"Jadi gini, pola pikir eselon dihilangkan (misalnya) lurah, dia sebagai pejabat fungsional yang dia pejabat lurah, pejabat camat. Yang penting arahan presiden tidak dikurangi, gajinya tetap," imbuh Tjahjo.

Pihaknya berharap, perampingan birokrasi bisa selesai tahun ini. "Syukur-syukur bisa setengah tahun (selesai). Kan juga tahap sistem pengkajiannya juga, sistem kenaikan karir jenjang fungsionalnya bagaimana (juga disiapkan)," kata Menpan RB RI Tjahjo Kumolo. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Indonesia
Copyright © 2020 TIMES Jatim
Top

search Search