TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Ridwan Kamil: LPPD Semua Kabupaten Kota di Jabar Berkategori Sangat Tinggi

14/01/2020 - 22:48 | Views: 1.90k
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat Raker Penyusunan LPPD Provinsi Jabar Tahun 2019 di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (14/1/20). (FOTO: Istimewa)

TIMESJATIM, BANDUNGGubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan Pemerintah Provinsi Jabar akan mendorong pemda kabupaten/kota terkait Indikator Kinerja Kunci (IKK) Laporan Penyelenggara Pemerintah Daerah (LPPD) 2019, yang nilainya masih dibawah standar minimal, seperti di bidang pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Menurut Ridwan Kamil, secara umum LPPD untuk 27 kabupaten/kota di Jawa Barat sudah berkategori sangat tinggi, atau meningkat dari tahun sebelumnya, di mana masih ada tujuh kabupaten/kota yang berkategori tinggi.

Dari 27 kabupaten/kota yang ada di Jabar itu, tiga kabupaten/kota yakni Kabupaten Kuningan, Kota Cimahi, dan Kabupaten Banjar masuk peringkat 10 besar nasional. Sementara LPPD Pemprov Jabar Tahun 2018 berada di dua besar.

“Semua (kabupaten/kota di Jabar) sudah masuk kategori Sangat Tinggi. Nah, kalau tinggi itu istilahnya rapotnya sudah biru semua, tidak ada yang merah lagi,” kata gubernur saat Rapat Kerja (Raker) Penyusunan LPPD Provinsi Jabar Tahun 2019 di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (14/1/20).

“Dan dari kelompok yang rapotnya biru ini tiga dari sepuluh ranking se-Indonesia datang dari Jawa Barat (yakni) Kuningan, Cimahi, dan Banjar. Kalau level provinsinya, kita selalu ranking dua besar. Jadi, sudah sangat baik,” lanjut Ridwan Kamil.

Ridwan pun menjelaskan bahwa nilai LPPD untuk pemda provinsi merupakan nilai akumulasi dari LPPD kabupaten/kota se-Jabar. Hal ini menjadi alasan Jawa Barat belum mencapai ranking satu nasional.

Untuk itu, Pemprov Jabar akan mendorong pemda kabupaten/kota terkait Indikator Kinerja Kunci (IKK) yang nilainya masih di bawah standar minimal, seperti di bidang pelayanan kesehatan dan pendidikan.

“Kalau di kita (Pemprov Jabar) sudah mentok ranking dua, maka kita akan turun. Salah satunya tentang pelayanan kesehatan dan pendidikan PAUD di beberapa daerah standar minimalnya belum tercapai. Nah, itu kita akan dorong,” ungkap Ridwan Kamil. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Iwa Ahmad Sugriwa
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Bandung
Copyright © 2020 TIMES Jatim
Top

search Search