TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Soal Kampung Saung Bale, Camat Cicalengka: Kita Cari Solusi Bersama

15/01/2020 - 00:31 | Views: 7.56k
Camat Cicalengka Kab Bandung, Entang Kurnia saat meninjau salah satu rutilahu milik warga Kampung Bale Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, Bandung yang terdampak pembangunan perumahan. (FOTO: iwa/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, BANDUNGCamat Cicalengka Kabupaten Bandung Entang Kurnia menyatakan pihaknya bersama unsur musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) segera menindaklanjuti permasalahan pembangunan perumahan Buana Cicalengka Raya yang diduga menjadi penyebab banjir ke permukiman warga Kampung Saung Bale, Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Bahkan setelah pertemuan mediasi antara pihak pengembang dan warga Kampung Saung Bale, Muspika pun meninjau kondisi lapangan di Kampung Bale.

“Hari ini kita ingin mencari solusi, salah satunya agar banjir yang diakibatkan luapan saluran pembuangan air yang dibangun pihak pengembang perumahan tidak lagi meluap ke permukiman warga Kampung Bale saat terjadi hujan deras,” kata Camat kepada wartawan di sela peninjauan ke lokasi, Selasa (14/2/20).

Camat menambahkan, selain banjir sedang dicari juga solusi untuk penataan lingkungan dan permukiman Kampung Saung Bale ke depannya.

Pihaknya berharap, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Pemkab Bandung ikut andil berpartisipasi untuk menuntaskan pembenahan di kampung ini, di samping Pemerintah Desa Narawita dan bantuan dari pihak pengembang perumahan sendiri.

"Sudah ada kesanggupan dari pihak pengembang perumahan untuk ikut menata Kampung Bale ini. Termasuk masalah kesehatan masyarakat, kita kerahkan Puskesmas Sawahlega yang terdekat dari sini, tentang kebutuhan air bersih warga setempat, juga akses di kampung ini secara bertahap kita akan melaksanakan realisasinya," ungkap Entang. 

Menanggapi keluhan banjir akibat pembangunan perumahan tersebut, General Manager Buana Cicalengka Raya, Budi Yaman menyatakan pada intinya pihaknya menerima masukan dari siapapun.

"Memang ada saluran air atau drainase yang harus diperbaiki, harus diperlebar lagi atau juga diperdalam. Sepenuhnya menjadi tanggung jawab PT. Pirantek selaku pengembang Perumahan Buana dan kita upayakan untuk merealisasikannya sesegera mungkin," jelas Budi.

Sementara untuk akses jalan ke kampung tersebut pihaknya pun sudah merencanakan pembangunan jalan. "Akses jalan ke Kampung Saung Bale tidak mungkin ditutup. Hanya harus disesuaikan dengan kondisi alam yang ada, bagaimana nanti bentuk akses jalannya," tukas Budi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Iwa Ahmad Sugriwa
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Copyright © 2020 TIMES Jatim
Top

search Search