TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Cegah TKI Non Prosedural, Imigrasi Kelas 1 Malang-Forpimda Batu Rapatkan Barisan

11/10/2018 - 22:08 | Views: 1.92k
Kepala Imigrasi Kelas I Malang, Wali Kota Batu saat memberikan sambutan dan suasana rakor. (ist/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, BATU – Mencegah adanya warga Kota Batu yang menjadi TKI tidak sesuai prosedur yang ada, Kantor Imigrasi Kelas I Malang menggelar rakor di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis (11/10/2018).

Rakor upaya pencegahan dan penanganan tenaga kerja Indonesia Non Prosedural dan Tindak Pidana Perdagangan Orang ini dihadiri Forpimda.

Dewanti-8.jpg

Nampak hadir Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota, Punjul Santoso, Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto dan perwakilan Kejaksaan Negeri.

“Ruang gerak oknum penyalur TKI non prosedural ini bisa dipersempit dimulai dari kesadaran warga. Yaitu, kesadaran untuk tidak menjadi TKI non prosedural. Baru kemudian dilanjutkan pembersihan oknum penyalur TKI dengan melibatkan Forkompimda yang terdiri, Pemkot, Polres, Kejari, dan Kodim, “ ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas1 Malang, Novianto.

Sinkronisasi antar lembaga juga diperlukan karena berkas yang dibutuhkan TKI harus diperoleh dari Pemkot dan Kepolisian.

"TKI membutuhkan campur tangan Polisi untuk mendapatkan SKCK, mereka juga membutuhkan campur tangan Pemkot untuk mendapatkan Identitas Kependudukan yang dibutuhkan,"ujar Novianto.

rakor-4.jpg

Sebenarnya syarat dokumen TKI sudah sangat rapi dan aman, namun tetap saja ada yang memberangkatkan secara ilegal.

Hal senada juga dikemukakan oleh Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

"Harusnya PJTKI selain meminta Identitas Kependudukan yang sah dan SKCK, juga meminta calon TKI mengumpulkan ijin dari orangtua atau suami, ruang gerak oknum ini perlu diperketat," kata Punjul.

Punjul mendorong dibuatnya Forum Terbatas yang terdiri dari para stakeholder dan para pemangku kepentingan dalam penyaluran TKI.

Berbagai keputusan dan regulasi bisa dibuat lewat forum terbatas ini, sekaligus menjadi kendali pemberian sanksi jika ada pengerah TKI nakal. Kantor Imigrasi Kelas I Malang pun siap memfasilitasi. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu
Copyright © 2018 TIMES Jatim
Top

search Search