TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Ini Cara Pemkab Bondowoso Sosialisasikan Makanan Sehat

06/12/2018 - 21:08 | Views: 1.75k
Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin (kiri) saat memerikasa hasil kreasi peserta dalam Lomba Cipta Menu, di GOR Pelita (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (PemkabBondowoso, melalui Dinas Ketahanan Pangan, mempunyai cara unik untuk menyosialisasikan makanan sehat, yaitu melalui Lomba Cipta Menu, di GOR Pelita, Kamis (6/12/2018).

Kegiatan tersebut diikuti puluhan ibu-ibu  Dharma Wanita dan PKK di Bondowoso. Mereka beradu kreasi dalam memasak makanan sehat, bergizi dan seimbang.

Sementara mayoritas masakan yang bua, berbahan dasar potensi pangan sekitar. Seperti ubi jalar, singkong, pisang, sukun, tape, jagung dan bahan yang lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pangan, Muhammad Halil mengatakan lomba tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi dan seimbang.

“Sehingga, tercipta budaya keluarga yang mampu menciptakan menu untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan memanfaatkan potensi pangan di sekitar,” katanya.

Ia juga menjelaskan, dengan memanfaatkan potensi pangan di sekitar, juga membantu mengatasi masalah stunting di Bondowoso.

Di sisi lain, Bupati Bondowoso Salwa Arifin mengatakan, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia paling utama dan merupakan hak asasi setiap masyarakat.

“Oleh karenanya, upaya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat perlu dicari solusinya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang,” jelasnya.

Melalui kegiatan itu, ia berharap mampu memantapkan kemandirian pangan lokal, dan pelestarian sumber daya alam dengan pemanfaatan hasil potensi alam.

“Dengan proses pengolahan menjadi bahan pangan yang mengandung berbagai nutrisi ini, akan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan dapat membantu penambahan pendapatan rumah tangga,” pungkasnya.

Tampak para peserta berlomba-lomba, untuk menciptakan makanan sehat, melalui Lomba Cipta Menu, yang diselenggarakan oleh Pemkab Bondowoso tersebut. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso
Copyright © 2018 TIMES Jatim
Top

search Search