TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Presiden Terpilih Diharapkan Fokus pada Kelautan

12/02/2019 - 13:42 | Views: 27.55k
Diskusi publik bertajuk 'Menakar Komitmen Capres 2019-2024: Masihkah Laut menjadi Poros Maritim Bangsa?' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019). (Foto: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, JAKARTA – Mantan Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Maritim dan Tata Ruang Son Diamar berharap, siapapun presiden terpilih pasca pilpres 2019 nanti, dapat fokus pada kelautan.

Dirinya menilai saat ini fokus pemerintah masih minim terhadap laut. Mulai dari tata kelola, hingga sumber daya yang ada di laut.

"Sistem hukum kita yang masih sangat orientasi darat. Kita dorong siapapun presiden bisa memikirkan negara kepulauan terluas di dunia ini menjadi terkemuka dalam soal maritim," ujarnya dalam sebuah diskusi bertajuk 'Menakar Komitmen Capres 2019-2024: Masihkah Laut menjadi Poros Maritim Bangsa?' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya, laut Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Dengan luas 3,25 juta km persegi, diharapkan pengelolaan laut maupun hasilnya dapat lebih optimal.

Tak hanya itu, Diamar menyebut jika salah satu sumber daya potensial yang bisa dimanfaatkan dari laut adalah sektor pariwisata.

Sebab lanjutnya, jika presiden terpilih dalam pilpres 2019 nanti dapat fokus pada kelautan, sektor pariwisata ini juga akan berpotensi mengubah sistem industri perdagangan di dunia, sistem logistik dunia dan tata harga dunia.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Copyright © 2019 TIMES Jatim
Top

search Search