TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Menuju Pemungutan Suara, AS Hikam: People Power Amien Rais Tak akan Terjadi 

16/04/2019 - 13:11 | Views: 19.63k
Pengamat politik senior, Muhammad AS Hikam. (FOTO: Edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, JAKARTA – Pengamat politik senior, Muhammad AS Hikam memprediksi people power Amien Rais tidak akan pernah terjadi. Melainkan hanya sebatas gertakan kepada KPU dan Bawaslu RI agar mereka tidak melakukan kecurangan Pemilu 2019.

Menurutnya, kalaupun itu ingin dipaksakan dilakukan oleh Amien Rais, AS Hikam menyayangkan Amien Rais melakukan itu. Sebagai tokoh bangsa seharusnya dia mampu memberikan contoh yang demokratis dalam Pemilu 2019, bukan malah melakukan beberapa tindakan provokatif yang menyulitkan kinerja KPU RI.

Dia menegaskan, bahwa Amien Rais tidak akan pernah bisa mengerahkan masa dalam mewujudkan kepuasan nafsu politiknya tersebut. Sebab masyarakat sudah sadar kalau apa yang akan dilakukannya tersebut sebagai tindakan yang salah secara konstitusional.

"People power itukan lebih merupakan satu sayware satu perang urat saraf. Kalau nanti pemilu ini Pemilu Presiden (Pilpres) atau Pemilu Legislatif (Pileg) ini tidak berjalan sesuai aturan, kita tidak akan lapor ke MK tetapi kita langsung mau bikin people power itukan semakin gertakan karena anda tidak mungkin melakukan itu," kata Muhammad AS Hikam, saat dihubungi TIMES Indonesia di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Dia juga menambahkan, bahwa Amin Amien Rais hanya akan menjadi tertawaan orang-orang hukum ketika memaksakan mengerahkan massa tersebut. Lantaran apa yang dilakukannya tersebut sebagai tindakan yang melanggar hukum dan mencederai demokrasi.

Mencederai hukum dengan cara melakukan provokasi kepada masyarakat agar bersama-sama memusuhi penyelenggara Pemilu 2019. Sehingga citra dari para penyelenggara pemilu akan hilang di mata warganegara sendiri.

"Sebelum anda selesai dengan urusan yang diatur oleh undang-undang yaitu anda kalau punya komplain. Punya masalah pada akhirnya anda harus berubah ke jalur hukum jadi no way anda bisa melakukan people power kecuali anda kemudian akan merescare akan dianggap sebagai pihak yang melakukan kerusuhan," tegas Muhammad AS Hikam. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Edy Junaedi Ds (MG-57)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Copyright © 2019 TIMES Jatim
Top

search Search