TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ekonomi

Maksimalkan Peran Koperasi, Cegah "Bank Emok"

14/01/2020 - 23:13 | Views: 1.08k
ILUSTRASI (FOTO: Istimewa)

TIMESJATIM, BANDUNG – Praktik rentenir dengan istilah "Bank Emok" (bank keliling), saat ini tengah menjamur di beberapa wilayah di Jawa Barat. Bahkan ada beberapa diantaranya yang berbadan hukum.

Namun Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bandung Agus Firman Zaini menyatakan, di Kabupaten Bandung belum ditemukan bank emok yang berbadan hukum.

“Menurut laporan hasil monitoring di lapangan, di Kabupaten Bandung belum ditemukan (bank emok) yang berbadan hukum. Jadi itu praktik rentenir, yang tentu saja tidak kami rekomendasikan keberadaan maupun pemanfaatannya oleh masyarakat,” ungkap Kepala Diskop UKM saat ditemui di ruang kerjanya di Soreang, Selasa (14/1/2020).

Untuk mencegah menjamurnya bank tersebut, pihaknya berkoordinasi dan bekerjasama dengan aparat kewilayahan, untuk mendata dan memaksimalkan peran koperasi di wilayahnya masing-masing.

“Kami berkoordinasi dengan para camat dan kepala desa sebagai pembina koperasi, untuk mendapatkan data jumlah koperasi di Kabupaten Bandung. Selain itu juga sebagai langkah represif dan alternatif solusi penanganan masalah, kami lakukan sosialisasi pemahaman perkoperasian. Terutama di wilayah yang disinyalir terdapat bank emok,” kata Agus Firman.

Menurut data yang tercatat dalam aplikasi ODS (Online Data System) Kemenkop, ada 1.634 koperasi yang badan hukumnya terdaftar, sebanyak 855 di antaranya koperasi aktif dan 779 koperasi tidak aktif. 

“Kami terus berupaya meningkatkan pemberdayaan dan pengembangan koperasi, baik dari segi kualitas manajemen maupun dari kuantitas keanggotaannya,” ujar Agus  menanggapi merebaknya "Bank Emok" di Kabupaten Bandung. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Iwa Ahmad Sugriwa
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bandung
Copyright © 2020 TIMES Jatim
Top

search Search