TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Wah! Makanan Ini Efektif Mengendalikan Gula Darah dalam Tubuh

16/03/2019 - 01:49 | Views: 40.36k
Ilustrasi - Tips mengendalikan gula darah dalam tubuh (Foto: Shutterstock)

TIMESJATIM, JAKARTA – Memiliki kadar gula darah tinggi bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Penyakit yang erat dikaitkan dengan gula darah tinggi adalah diabetes. Seseorang yang menderita diabetes atau masih sehat, harus menjaga pola makan sehat. Hal ini membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap seimbang.

Berikut ini beberapa pilihan makanan pengendali gula darah yang paling efektif. Apa saja?

1. Sayuran mentah atau dikukus

Sayuran dikenal luas sebagai makanan sehat dan bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Hanya saja, cara pengolahan sayur juga bisa mempengaruhi dampaknya bagi kesehatan tubuh.

Jika kita menggoreng sayuran atau mengolahnya bersama dengan santan, maka sayuran ini bisa menjadi makanan yang tidak sehat. Sebaliknya, jika kita mengonsumsi sayuran mentah atau yang diolah dengan cara dikukus, bisa jadi tubuh akan mendapatkan dampak berupa kadar gula darah yang lebih terkendali.

2. Alpukat

Salah satu buah dengan rasa yang enak dan mengenyangkan ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh. Kandungan inilah yang bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dengan efektif karena mampu membuat kinerja dan respons hormon insulin meningkat.

3. Gandum utuh

Gandum utuh atau oatmeal lebih dikenal sebagai makanan yang bisa menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, makanan ini juga bisa membantu menjaga kadar gula darah dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan serat yang tinggi sehingga membuat kita tidak mudah tertarik untuk ngemil karena perut yang terus berada dalam kondisi kenyang.

4. Ikan dengan kandungan omega 3

Ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 layaknya ikan salmon, ikan tuna, dan ikan kembung bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan efektif.

Menjadi salah satu makanan pengendali gula darah, kadar protein dalam ikan-ikan ini cenderung tinggi. Tentunya ini membantu tubuh mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

5. Telur

Telur cenderung memiliki kadar protein yang tinggi. Meskipun begitu, pakar kesehatan dari American Diabetes Association menyebut telur sebagai salah satu makanan terbaik bagi penderita diabetes karena bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dengan efektif.

6. Buah melon dan buah beri

Buah melon dan buah beri cenderung rendah kalori namun tinggi serat. Kandungan tersebut lah yang membuat kedua buah ini sebagai camilan tentu akan membantu mencegah kenaikan kadar gula darah dengan efektif.

Itulah enam pilihan pola makan sehat yang bisa Anda lakukan untuk menghindari gula darah tinggi. Selain konsumsi makanan di atas, imbangi pola makan Anda dengan olahraga teratur dan gaya hidup sehat lainnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Copyright © 2019 TIMES Jatim
Top

search Search