TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Tips Mencegah Gigi Berlubang Meski Suka Makanan Manis

21/04/2019 - 04:16 | Views: 34.87k
ILUSTRASI - Suka Makanan Manis. (FOTO: Team News - Blogger.com)

TIMESJATIM, JAKARTA – Sering mengonsumsi makanan manis bisa memicu kerusakan gigi. Salah satunya adalah gigi berlubang. Jika Anda tak bisa meninggalkan makanan manis, simak tips berikut agar kesehatan gigi tetap terjaga.

1. Sikat gigi minimal 2 kali sehari

Menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride minimal 2 kali sehari, sehabis sarapan dan sebelum tidur. Pilih sikat gigi berbulu lembut sehingga mampu membersihkan plak gigi sampe ke sela-sela tersempit, tanpa melukai gusi. Meski terlihat sepele, hal ini sangat efektif dalam mencegah proses terjadinya gigi berlubang.

2. Berkumur habis makan manis

Jika habis makan yang manis, sebaiknya berkumur dengan air putih atau dengan mouthwash yang mengandung fluoride. Jangan pilih mouthwash yang mengandung alkohol karena dapat mengiritasi di dalam mulut.

3. Kunyah permen karet sugar free

Mengunyah permen karet sugar free dapat memproduksi air ludah sehingga akan membilas sisa-sisa gula yang menempel di sela-sela gigi. Lakukan setelah Anda makan snack atau usai makan siang.

4. Hindari makanan manis bertekstur lengket

Hindari makanan manis yang bertekstur lengket dan mudah menempel di gigi. Sisa makanan manis yang masih menempel di gigi merupakan “persediaan makanan” untuk bakteri penyebab gigi berlubang.

5. Kurangi porsi makanan manis

Jika makanan pencuci mulut yang Anda pilih berukuran besar seperti porsi makan utama, sebaiknya potong jadi 2 dan berikan setengahnya kepada teman Anda atau minta untuk dibawa pulang.

6. Minum banyak air putih

Setelah mengonsumsi minuman manis yang mengandung banyak gula seperti jus buah, smoothies, dan minuman bersoda minumlah banyak air putih. Hal yang sama juga dapat Anda lakukan usai makan buah-buahan asam seperti, jeruk, lemon, dan jeruk nipis.

Terlalu sering mengonsumsi makanan manis memang dapat menyebabkan gigi berlubang. Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan tips di atas. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Copyright © 2019 TIMES Jatim
Top

search Search