TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Awas! Kebiasaan Buruk Ini Tingkatkan Risiko Batuk Pilek pada Anak

18/08/2019 - 05:23 | Views: 19.01k
Ilustrasi. (foto: Istimewa)

TIMESJATIM, JAKARTA – Anak-anak rentan terkena batuk pilek karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sanggup melawan virus yang masuk. Namun bukan hanya itu, beberapa kebiasaan buruk anak tanpa disadari juga bisa meningkatkan risiko terkena batuk pilek.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan anak terserang batuk pilek.

1. Malas mencuci tangan

Kebanyakan anak-anak suka menyentuh dan memegang benda-benda di sekitarnya. Padahal benda-benda tersebut bisa saja menjadi sarang kuman penyebab penyakit. Saat menyentuh suatu benda, debu, kotoran, bakteri, virus, parasit, atau jamur yang ada di permukaan benda tersebut akan berpindah ke tangan anak.

Oleh karena itu, selalu ajarkan anak untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih selama 20 detik, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil dan buang air besar, serta setelah bermain. Jika tidak ada air dan sabun, gunakan hand sanitizerkhusus anak untuk membersihkan tangannya.

2. Kurang tidur

Stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga salah satu cara yang tepat adalah memenuhi kebutuhan istirahat. Kurang tidur di bawah tujuh jam dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan dapat berdampak pada penyakit yang mudah menyerang tubuh, salah satunya flu.

3. Tidak berganti pakaian setelah pulang sekolah atau bermain

Virus dan bakteri penyebab batuk pilek dapat menempel dan bertahan hidup di pakaian selama berjam-jam. Jadi ketika anak pulang dari sekolah atau pulang bermain, minta dia untuk segera berganti pakaian dan mencuci tangan.

4. Berbagi penggunaan alat makan

Minum air dari sedotan atau gelas yang sama dengan orang lain juga dapat membuat anak lebih rentan terkena batuk pilek, meskipun orang lain itu adalah orang tua atau saudaranya sendiri.

Begitu pula halnya jika dia menerima suapan makanan dari sendok atau tangan orang lain. Terlebih jika orang lain tersebut memang sedang batuk pilek.

5. Malas minum air putih

Air putih sangat berguna untuk kesehatan kita karena tubuh memang membutuhkan cairan. Perbanyak minum air putih dan hindari minum minuman yang tidak sehat, seperti minuman bersoda dan minuman manis dalam kemasan. Jika cairan tubuh terpenuhi, sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat sehingga kita terhindar dari batuk pilek. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Copyright © 2019 TIMES Jatim
Top

search Search