TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Penting untuk Kesehatan, Yuk Lakukan Cara Ini agar Tidur Nyenyak

18/08/2019 - 01:21 | Views: 17.17k
Ilustrasi - Tidur nyenyak (FOTO: hello sehat)

TIMESJATIM, JAKARTA – Setelah beraktivitas seharian, Anda tentu ingin istirahat dan tidur nyenyak sepanjang malam. Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan. Namun, tak jarang orang yang susah tidur nyenyak dengan mudah. Jika Anda termasuk yang mengalami hal ini, tak perlu khawatir.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mudah tidur nyenyak yang bisa Anda lakukan.

1. Membatasi tidur siang

Tidur siang bisa menjadi penyebab Anda sulit tidur di malam hari. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari ataupun membatasi tidur siang, yaitu tidak lebih dari 20 menit. Untuk menghindari tidur siang, Anda dapat mengalihkan perhatian pada hal-hal lain, misalnya berjalan kaki, minum minuman dingin, atau mengobrol.

2. Hindari olahraga berat sebelum tidur

Olahraga dapat menghasilkan efek lelah yang membuat mudah tidur, tapi seringkali juga dapat menghasilkan efek segar yang membuat tubuh makin terjaga. Bagi Anda yang sulit tidur setelah berolahraga, disarankan menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan.

3. Meditasi

Latihan meditasi yang teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, dengan memperlambat pernapasan dan mengurangi kadar hormon stres. Anda bisa melakukan meditasi selama 45–60 menit setiap harinya. Jika Anda sedang disibukkan dengan pekerjaan, lakukanlah meditasi di malam hari sebelum pergi tertidur. 

4. Gunakan aromaterapi

Sebuah analisis yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan kaitan yang cukup erat antara kualitas tidur dengan aromaterapi. Minyak aromaterapi lavender telah lama digunakan sebagai obat tradisional yang membantu merelaksasi pikiran dan membantu tidur lebih nyenyak.

5. Atur pencahayaan ruangan

Sulit tidur bisa dipengaruhi oleh pencahayaan yang ada pada ruang kamar Anda. Saat tidur terjadi pengeluaran hormon melatonin. Fungsi utama hormon ini adalah membantu meningkatkan kualitas tidur dan mencegah terjadinya insomnia.

Redupkan lampu kamar Anda agar tubuh mampu memproduksi melatonin dengan efektif. Jika tidak bisa tertidur dengan keadaan gelap, Anda bisa menyalakan lampu pijar sebagai penerang di malam hari. 

6. Atur suhu ruangan

Suhu ruangan yang terlalu panas bisa membuat Anda lebih gelisah dan berkeringat. Sedangkan suhu ruangan yang terlalu dingin bisa bikin Anda menggigil dan sulit tertidur.

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan agar bisa tidur nyenyak. Usahakan Anda bisa tidur dengan nyenyak agar keesokan harinya tubuh bisa fit dan siap beraktivitas kembali. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Copyright © 2019 TIMES Jatim
Top

search Search