TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kopi TIMES

Inspira Class by Merry Riana Group: Proses untuk Menjadi Manusia Seutuhnya

14/08/2019 - 08:41 | Views: 10.50k
Inspira Class by Merry Riana Group

TIMESJATIM, JAKARTAInspira Class adalah bagian dari Merry Riana Group yang membuat event rutin satu bulan sekali bersama tamu-tamu inspiratif yang akan membagikan perjalanan hidupnya, bisnis, karir, relationship, entertainment, pendidikan dan lainnya. Program ini sangat inspiratif. Yuk simak program-programnya, hanya di TIMES Indonesia.

Apabila kehidupan dianalogikan sebagai sebuah film, maka Tuhan adalah sang sutradara dan setiap manusia adalah karakter utama yang berperan di dalamnya. Di dalam film, karakter utama akan selalu menghadapi tiga babak dalam cerita yang sedang berproses. Dan di setiap babak, karakter utama sudah pasti akan menemui masalahnya tersendiri.

Rhaka Ghanisatria adalah anak yang dianggap aneh oleh sekitarnya. Dia mengidap sebuah kelainan yang membuatnya menjadi pribadi yang selalu mempertanyakan segala sesuatunya. Seperti contohnya mempertanyakan mengapa hidup seperti ini, mengapa ada hal yang seperti itu, apa sebetulnya arti dari hidup dan masih sangat banyak pikiran-pikiran lainnya.

Sakidyah-Maruf.jpg

Kebiasaan mempertanyakan segala sesuatu yang terlalu berlebihannya ini, membuatnya dengan sangat terpaksa harus dibawa oleh orang tuanya menuju ke Psikolog dan Psikiater. Tapi ternyata apa yang dilakukan oleh orang tua Rhaka tidak efektif untuk jangka panjang. Karena obat yang diberikan memang berhasil menghilangkan untuk sementara, tapi tidak menghilangkan akar permasalahan dalam pikirannya untuk waktu lama.

Setelah efek obat itu habis, kondisi Rhaka semakin parah. Dia tidak mampu untuk menahan dirinya sendiri dan hal ini membuat orang tuanya semakin khawatir akan kondisinya. Tapi di suatu pagi, Rhaka terbangun dari tidurnya dengan kondisi pikiran yang cukup tenang. Lalu masih dalam kondisi berbaring di atas kasur, Rhaka memberitahukan kepada dirinya sendiri bahwa dia tidak bersyukur dengan keadaannya sekarang, tidak berusaha untuk membuat keadaan menjadi lebih baik dan hanya dapat menyusahkan orang-orang di sekitarnya saja. Maka itu, Rhaka memutuskan untuk mencoba mengubah pikiran alam bawah sadarnya secara bertahap dan memulai perjalanan untuk menemukan arti hidupnya. Dan hal ini terbukti berhasil, walaupun kelainannya tetap tidak dapat menghilang.

Beberapa waktu kemudian, Rhaka mencoba untuk melakoni bisnis studio foto. Tapi anehnya, dia merasa bahwa dirinya tidak menemukan makna dibalik bisnisnya sendiri karena hanya bertujuan untuk menghasilkan keuntungan semata. Sehingga akhirnya, dia menjual saham dari bisnis setudio foto tersebut dan membuat sebuah bisnis sosial yang berbasis platform digital dengan nama ‘Menjadi Manusia’.

Alasannya membangun Menjadi Manusia adalah karena dia ingin membuat sebuah bisnis yang dapat memberikan dampak nyata kepada masyarakat. Dan melalui berbagai video yang dibuat di kanal Youtube dan juga konten tulisan di Instagram sejak tahun 2018, saat ini Menjadi Manusia sudah mempunyai 250 ribu pelanggan di Youtube dan juga 430 ribu pengikut di Instagram.

Lalu apa hasilnya? Menjadi Manusia berhasil membantu menjadi support system bagi orang-orang pengidap HIV. Beberapa waktu lalu, Rhaka mengundang seorang pengidap HIV aktif untuk membagikan ceritanya di kanal Youtube Menjadi Manusia. Pengidap HIV aktif itu sendiri berkomentar di video Youtube yang sudah di rilis tersebut, mengutarakan ajakan untuk orang-orang yang bernasib sama agar bergabung ke dalam suatu komunitas di grup WhatsApp. 

Rhaka-Ghani-Satria.jpg

Tidak lama setelah itu, pengidap HIV itu mengirimkan pesan di media sosial milik Rhaka dan memberitahukan bahwa sudah ada 100 orang pengidap HIV aktif lainnya yang bergabung di dalam grup WhatsApp tersebut. Dan menurut Rhaka, kesaksian dari pengidap HIV aktif tersebut adalah sesuatu hal yang tidak dapat dibeli dengan menggunakan uang.

Pada akhirnya, Rhaka bahagia dengan apa yang dilakukannya sekarang. Terlebih lagi, apa yang dilakukannya ini ternyata berhasil membawa dampak serius bagi kehidupan banyak orang. Tapi tentu saja, Rhaka tidak hanya berfokus untuk memikirkan dan membuat konten. Dia masih ingin terus mengembangkan dirinya dan memperbanyak dampak positif di sebanyak mungkin kesempatan yang dapat dijangkau. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang pembicara di acara InspiraClass.


InspiraClass sendiri adalah bagian dari Merry Riana Group yang membuat event rutin satu bulan sekali bersama tamu-tamu inspiratif yang akan membagikan perjalanan hidupnya, bisnis, karir, relationship, entertainment, pendidikan dan lainnya.

Dan melalui Inspira Class, Rhaka akan menceritakan lebih detail tentang perjalanan hgidupnya semasa kecil, proses dibalik membangun Menjadi Manusia dan juga menjelaskan mengenai apa sebetulnya arti dari Menjadi Manusia itu sendiri. Di acara ini, penoton juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan peribadi langsung ke Rhaka

Maka dari itu, bagi kamu yang tertarik dengan mental health dan komunitas untuk membantu satu sama lain, segera ambil tindakan dengan cara mendaftar di nomor yang tertera di dalam poster! Karena kesempatan yang serupa tidak akan pernah datang untuk kedua kalinya. Persembahan Inspira Class bagian dari Merry Riana Group. (*)

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Jatim
Top

search Search