TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Rektor Unmer Madiun Pantau Progres KKN Mahasiswa dalam Mengembangkan Desa Wisata

02/02/2019 - 07:50 | Views: 3.63k

TIMESJATIM, MADIUN – Mengawali bulan Februari dengan produktif, Rektor Unmer Madiun (Universitas Merdeka Madiun), Rahmanta Setiahadi beserta jajaran blusukan ke posko KKN yang berada di kecamatan Saradan dan Kare kabupaten Madiun, Jumat (1/2/2019).

Dalam kunjungannya, Rektor melakukan supervisi program KKN Mahasiswa yang tengah dilaksanakan, melihat sejauh mana capaiannya. Menurut Rahmanta, road map KKN Mahasiswa UNMER Madiun adalah menumbuhkan ide dasar dan kreativitas mahasiswa untuk melihat potensi yang ada di desa, khususnya potensi wisata alam.

"Sejak 2015 saya melihat fenomena kebutuhan wisata back to nature sangat tinggi, maka kita buat jendela informasi potensi desa, kita dorong potensi wisata yang ada di desa melalui program KKN, salah satu hasilnya seperti Watu Rumpuk desa Mendak kabupaten Madiun," tutur Rektor UNMER Madiun, Rahmanta Setiahadi.

Indikator keberhasilan KKN menurut Rahmanta, temuan mahasiswa selama KKN menjadi usulan program bagi pemerintah daerah, sehingga ide kreativitas mahasiswa KKN terus dikembangkan dan manfaat bagi desa lokasi KKN benar-benar dirasakan. Sejauh ini beberapa temuan KKN seperti wisata watu rumpuk di desa Mendak Dagangan dan Selo Gedong di desa Bodag Madiun.

"KKN ini merupakan link and match dari penelitian dosen tentang potensi daerah kabupaten Madiun, peserta KKN diberikan pembekalan informasi awal dan arahan sehingga mahasiswa tidak lagi kebingungan membuat program di lokasi KKN," imbuh Rahmanta.

Rektor Unmer Madiun saat blusukan di beberapa wilayah kabupaten Madiun menyampaikan harapan, supaya KKN berbasis pengembangan potensi desa yang selama ini telah dilaksanakan dapat menjadi KKN Tematik, membantu masyarakat mengembangkan potensi desa, serta Mahasiswa memperoleh inspirasi wirausaha. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Asep Amrulloh (MG-53)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Madiun
Copyright © 2019 TIMES Jatim
Top

search Search