TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Pengamat Pendidikan: Aksi Siswa Nakal di Gresik Hanya Kebetulan Saja Menjadi Viral 

12/02/2019 - 11:55 | Views: 21.26k
Pengamat Pendidikan Indonesia, Indra Charismiadji. (FOTO: Edi Junaidi DS/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, JAKARTAPengamat Pendidikan Indonesia, Indra Charismiadji menilai, insiden seorang siswa menantang  gurunya berkelahi di Gresik. Merupakan salah satu contoh kenakalan siswa di sekolah yang kebetulan saja menjadi viral di medsos.

Menurutnya, sudah lama kejadian serupa menjadi fenomena liar di lingkungan sekolah, tampa ada pengawasan dari Sisdiknas yang memang bertugas menyelesaikan persoalan terkait. Sudah tak terhitung jumlah sekolah yang gurunya mengalami nasib yang sama kasus serupa. Bahkan ada yang lebih parah. 

"Kejadian itu kebetulan saja menjadi viral di medsos tapi saya banyak melihat kejadian yang sama di sekolah-sekolah Indonesia, Sisdiknas harus segera bergerak mengambil langkah tegas," tutur Indra kepada TIMES Indonesia di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Sebelumnya, aksi tidak terpuji seorang  siswa kepada gurunya itu terjadi di SMP PGRI Wringinanom, Gresik, Sabtu 2 Februari 2019. Lantaran, dia tidak terima ditegur oleh gurunya agar tidak merokok di lingkungan sekolah. Kejadian tersebut tiba-tiba menjadi viral di media sosial, hingga mengundang banyak simpatik kepada sang guru atas kejadian yang memalukan.

Indikasi rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia itu menurut Indra, harus segera diatasi, dengan melakukan berbagai edukasi trobosan baru kepada sistem pendidikan yang lebih mengedepankan etika siswa kepada guru. 

"Karena itu hasil proses pendidikan yang menunjukkan tingkat intelejensi, peradaban, dan etika yg rendah. Harus lebih dilakukan trobosan baru untuk mengedepankan nilai-nilai etika kepada siswa," kata Indra Charismiadji, Pengamat Pendidikan Indonesia. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Edy Junaedi Ds (MG-57)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Copyright © 2019 TIMES Jatim
Top

search Search