TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Panwaskab Imbau Bacaleg di Banyuwangi Tidak Curi Start Kampanye

10/08/2018 - 16:05 | Views: 1.56k
Baliho Bacaleg yang terpasang di Perempatan Cangaan, Kecamatan Genteng. (FOTO: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia).

TIMESJATIM, BANYUWANGIPanwaskab Banyuwangi mengimbau agar semua partai politik (parpol) peserta pemilu maupun Bacaleg tidak mencuri start kampanye dalam Pemilu 2019.

Hal itu diungkapkan Ketua Panwaskab Banyuwangi, Hasyim Wahid, saat dihubungi TIMES Indonesia, Jumat (10/8/2018).

"Jadi sesuai dengan Pasal 492 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Bahwa Kampanye diluar jadwal yang sudah ditentukan, akan terkena sanksi pidana," paparnya.

Hasyim menjelaskan, untuk menjaga ketertiban dan dinamisme pada pemilu 2019, semua pihak bisa melaksanakan tahapan pemilu sesuai dengan peraturan yang ada. Untuk tahapan kampanye akan dimulai pada tanggal 23 September mendatang. Sebelum itu, Parpol peserta pemilu maupun para Caleg, dilarang malakukan kampanye. 

"Di antaranya seperti memasang baliho Parpol beserta nomer urut, seperti Bacaleg memasang Gambar Bacaleg, beserta nomer urut. Yang jelas jangan menunjukan citra diri sebagai peserta Pemilu," jelasnya. 

Hasyim juga menyampaikan, selama belum memasuki masa kampanye, parpol hanya boleh melakukan pemasang bendera Partai dan melakukan sosialisasi di lingkup internal partai. Tetapi sehari sebelum melakukan sosialisasi harus memberitahu KPUD dan Panwaskab.

"Saat ini kami masih bisa mentolelir, karena KPUD belum mensosialisasikan peraturan kampanye yang baru. Akan tetapi jika sampai pertengahan agustus masih ada yang mencuri start, kami akan bertindak, karena sudah masuk pelanggaran pidana," ketua Panwaskab Banyuwangi. (*)

Jurnalis : Erwin Wahyudi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Jatim
Top

search Search