TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Wisata

Disparbud Kabupaten Malang Dorong Pokdarwis Munculkan Destinasi Wisata Baru

25/06/2019 - 21:35 | Views: 2.55k
Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedhatara saat memberikan bantuan rambu-rambu Sapta pesona saat sosialisasi Pokdarwis di Wajak. (FOTO: Disparbud Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, MALANG – Sosialisasi kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam mendorong munculnya destinasi wisata baru terus dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang.

Salah satu upayanya dengan melakukan sosialisasi Pokdarwis kepada para pengelola wisata berbasis masyarakat di Balai Desa Beringin, Kecamatan Wajak, Selasa (25/6/2019).

Sosialiasi yang dibuka Kepala Disparbud Kabupaten Malang ini, menghadiri pemateri Kepala Desa Pujon Kidul, Udi Hartoko yang sukses mengelola Destinasi Wisata Cafe Sawah.

"Peranan Pokdarwis dalam membentuk destinasi wisata baru sangat penting. Karena Pokdarwis yang mengelola sekaligus mengembangkan obyek wisata," ujar Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara kepada TIMES Indonesia.

Dia menjelaskan, maka dari itu pihaknya mengimbau seluruh desa untuk terus membentuk Pokdarwis guna memunculkan destinasi wisata baru.

"Saat ini belum semua desa di Kabupaten Malang memiliki Pokdarwis. Maka dari itu, kami dorong seluruh desa berlomba-lomba membentuk Pokdarwis," terang Bli Made sapaan akrabnya.

Menurutnya, seluruh desa di Kabupaten Malang perlu diberi pembinaan serta sosialisasi mengenai Pokdarwis. Apalagi ada beberapa desa sukses mengelola wisata melalui Pokdarwis.

"Contohnya ada Desa Pujon Kidul yang memunculkan destinasi wisata cafe sawah yang diapresiasi oleh Bapak Presiden. Ada lagi Desa Sanan Kerto yang juga sukses mengembangkan wisata Boonpring Andeman," imbuh Bli Made.

Selanjutnya dia berharap melalui sosialisasi Pokdarwis ini nantinya akan terus menumbuhkan destinasi wisata baru. "Semakin banyak bermunculan destinasi wisata baru, maka akan memperkaya potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Malang," terangnya.

Selain memberikan sosialisasi Pokdarwis, kata Made, dalam kesempatan itu Disparbud Kabupaten Malang juga memberikan arahan Sapta Pesona kepada para peserta sosialisasi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2019 TIMES Jatim
Top

search Search