TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Wisata

Warga Desa Bumiaji Mengarak Pusaka Adat Keliling Desa

11/09/2019 - 21:08 | Views: 716
Suasana Ider Pusaka Tindih Desa Bumiaji yang diarak keliling desa sepanjang 7 km. (ist/TIMES Indonesia) 

TIMESJATIM, BATU – Warga Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengarak pusaka adat keliling desa sepanjang kurang lebih 7 kilometer, lewat Ider (Kirab) Pusaka Tindih Desa Bumiaji.

Pusaka Tindih Desa Bumiaji yang dikirab ada empat, yakni dua tombak dan dua keris, pusaka ini adalah milik Kasepuhan Desa Bumiaji. 

Ider-Pusaka-2.jpg

Mengiringi empat pusaka tersebut ada 444 Pusaka yang terdiri dari berbagai jenis mulai dari keris, pedang, tombak, tongkat hingga trisula. 

"Kegiatan ini dilaksanakan oleh Panitia Hari Besar Islam dan Nasional Pemerintah Desa Bumiaji dan melibatkan tokoh masyarakat yang tergabung dalam lembaga adat Desa Bumiaji," ujar KRT KH M Musyrifin Pujo Rekso Budoyo SPd, tokoh adat Desa Bumiaji. 

Ider-Ider ini dilaksanakan untuk memperingati tiga tahun baru, yakni Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriyah, Tahun Baru Saka, 1 Suro 1953 Saka dan Tahun Baru Jawa, 1 Suro 2931 Jawi. 

Pusaka ini diarak keliling empat dusun yang ada di Desa Bumiaji, yakni Dusun Banaran, Dusun Beru, Dusun Binangun dan Dusun Telogorejo yang berjarak kurang lebih 7 km. 

Ider-Pusaka-3.jpg

Start kirab dari  Makam Syarifah Raden Ayu Dewi Condro Asmoro (Mbah Batu) dan finish di Sasana Hamong Praja Balai Desa Bumiaji.

"Kirab ini tiap tahun kita laksanakan dan sudah berlangsung sejak tahun 2010. Jadi sudah berjalan sembilan tahun," ujar Musyrifin. 

Tradisi mengarak pusaka adat keliling Desa Bumiaji ini dilakukan menurut Musyrifin, untuk melestarikan ajaran dari Syarifah Raden Ayu Dewi Condro Asmoro atau yang dikenal dengan sebutan Mbah Batu. "Kita nguri-nguri ajaran sesepuh, jangan pernah meninggalkan budaya luhur nenek moyang kita," ujar Musyrifin. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu
Copyright © 2019 TIMES Jatim
Top

search Search